Jenis Pemeringkatan Rangking Perguruan Tinggi

Jenis Rangking Perguruan Tinggi

Teknik perangkingan atau pemeringkatan universitas di dunia ini ada banyak. Setidaknya ada lima jenis perangkingan atau pemeringkatan yang banyak digunakan sebagai acuan. Melalui Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi, Khususnya di Indonesia berikut jenis perangkingan atau pemeringkatan yang sering digunakan.

  1. QS (Quacquarelli Symonds)

 Lembaga yang berbasis di London ini melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia menggunakan indikator umum yang terdiri dari:

1)  Reputation (academic and employer)

2)  Faculty Student Ratio

3)  Papers and Citation

4)  International Faculty and Students

5)  Inbound and Outbound Exchange.

Kebanyakan perguruan tinggi di Indonesia mengikuti dua rangking. AUR dan WUR.a. AUR (Asian University Rangking) merupakan pemeringkatan yang dilakukan QS terhadap perguruan tinggi yang berada di Benua Asia saja. WUR (World University Rangking) merupakan perangkingan yang dilakukan QS terhadap perguruan tinggi seluruh dunia tanpa membedakan dari benua mana mereka berasal. Biasanya, perguruan tinggi dari USA dan UK mendominasi urutan teratas rangking universitas.

 

Berikut perangkingan perguruan tinggi berdasarkan indikator dari QS:

WUR Indicator Bobot
Academic Reputation 40%
Employer Reputation 10%
Citations per Faculty 20%
Faculty Student Ratio 20%
International Student 5%
International Faculty 5%

 

2. THES (Times Higher Education Suppelement)

Teknik perangkingan yang dilakukan QS boleh dikatakan relatif sempurna dari sudut pandang penelitian dan akademik. Namun metode dan rangkingnya kurang dipahami masyarakat luas. Hal ini dapat terjadi karena peneliti di Universitas memiliki kecenderungan mempublikasikan karyanya ke jurnal ilmiah, dan dibahas dari konfrensi ke konfrensi. Sedangkan masyarakat umum lebih menikmati membaca majalah atau koran, daripada membaca publikasi jurnal ilmiah.

Hal inilah yang melatar belakangi metode perangkingan yang dilakukan THES menggunakan 4 kriteria utama dalam menentukan skor rangking universitas di dunia, yaitu:

  •         Kualitas Penelitian (Research Quality)
  •         Kesiapan Kerja Lulusan (Graduate Employability)
  •         Pandangan Internasional (International Outlook)
  •         kualitas Pengajaran (Teaching Quality)

3.  Webometrics

Metode pemeringkatan atau perangkingan yang dilakukan Webometrics berbeda bila dibandingkan THES atau QS. Rangking Webometrics hampir seluruhnya mengambil indikator universitas di dunia internet. Termasuk didalamnya adalah aksesibilitas dan visibilitas situs universitas, keterbukaan akses terhadap hasil-hasil penelitian, konektifitas dengan dunia industri dan aktifitas internasional yang terangkum dalam internet.

Indikator penilaian rangking berbasis Web ini cukup unik, berdasarkan pengukuran webometric ini terdapat empat aspek:

  •         Visibility atau Impact (50%) jumlah link eksternal yang terkait dengan website universitas yang diperoleh dari yahoo search, live search dan exelead. à menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs
  •         Presence (20%) jumlah webpages yang berada (hosted) pada domain website (termasuk subdomain dan direktori) yang diperoleh dari index Google
  •         Openness (15%) jumlah file (pdf, doc, docx, ppt) yang dipublikasikan oleh website berdasarkan search engine Google scholar.
  •         Excellence (15%) jumlah artikel akademik berkualitas yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.Webometrics sendiri di Universitas Airlangga, merupakan tanggungjawab Direktorat Sistem Informasi, seusai dengan kontrak kinerja Universitas.

 

4. DIKTI

Pemeringkatan yang dilakukan Kementrian Riset dan Perguruan Tinggi ini membangun landasan klasifikasi dan pemeringkatan PT untuk perbaikan terus menerus dan kesehatan organisasi. Merumuskan penciri kualitas perguruan tinggi, dan telaah klasifikasi dan pemeringkatan. pemeringkatan ini berguna sebagai sumber informasi untuk BAN (akreditasi PS dan PT), Pemerintah (pengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan, evaluasi, pembinaan dan koordinasi), Masyarakat (kinerja PS dan PT).

Berikut Rangking DIKTI, berdasarkan landasan Pasal 56 UU 12/2012 tentang Dikti.

1)      Kumpulan data penyelenggaraan seluruh PT yang terintegrasi secara nasional.

2)      Sumber informasi untuk BAN : akreditasi PS dan PT Pemerintah : pengaturan, perencanaan, pengawasan, pemantauan, evaluasi, pembinaan dan koordinasi Masyarakat : kinerja PS dan PT

3)      Dikembangkan dan dikelola oleh Kementerian

4)      PT wajib menyampaikan data dan informasi, memastikan kebenaran dan ketepatannya.

5. Indikator :

  • GreencampusUI

Merupakan lembaga pemeringkat yang dipayungi oleh Universitas Indonesia (UI) melakukan pemeringkatan Kampus Hijau Terbaik di dunia tiap tahun dari tahun 2012. sistem perangkingan UI GreenMetric yang terkait dengan konservasi air; perhitungan jejak karbon dari sektor energi dan perubahan iklim, dan transportasi, serta penyesuaian penilaian (scoring) dan pembobotan (weighting) untuk setiap kriteria.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Tujuan UI GreenMetric ini adalah sebagai pelopor dalam upaya untuk menanggulangi perubahan iklim.

Khusus untuk Universitas Nadlatul Ulama Sunan Giri sesuai dengan keputusan Menteri Riset dan Teknologi, pemeringkatan atau perangkingan yang dilakukan mengikuti metode QS AUR dan WUR, Webometrics, dan DIKTI.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Era Digital, DKPP Unugiri Seleng...
Direktorat Kelembagaan Publikasi dan Pengembangan (DKPP) melal...
"Transformasi Literasi Digital M...
Dalam sebuah acara kuliah pakar dengan tema "Transformasi Lite...
Pengumuman Pendaftaran dan Dafta...
unugiri.ac.id. BOJONEGORO-Sobat Giri Muda, bagi yang ingin men...
Jenis Pemeringkatan Rangking Per...
Jenis Rangking Perguruan Tinggi Teknik perangkingan atau pemer...
Pacu Pengembangan Teknologi Kamp...
unugiri.ac.id. BOJONEGORO-Upaya mengembangan Universitas Nahdl...
Mahasiswa UNUGIRI Antusias Ikuti...
unugiri.ac.id. BOJONEGORO–Bojonegoro Digital Forum Road to Cam...

Hubungi kami di : 085645422239

Kirim email ke kamidkpp@unugiri.ac.id

Download App Direktorat II

Selamat Datang di Website Resmi Direktorat Kelembagaan Publikasi dan Pengembangan